Pantai Botubarani, Pantai Favorit di Bone Bolango dengan Hius Paus Melegenda

Dari sejak dulu memang sudah dikenal bahwasannya Provinsi Gorontalo merupakan surga bagi para wisatawan yang ingin menikmati wisata bahari. Provinsi ini diketahui memiliki banyak sekali tempat wisata dengan keindahan alam yang luar biasa indah. Salah satunya yang cukup menarik perhatian yaitu Pantai Botubarani.

Di Pantai Botubarani ini selain Anda akan menikmati pemandangan alam khas pantai, Anda juga akan disajikan wisata unik yang membedakan pantai ini dengan pantai-pantai yang lain. Yang membuat pantai ini terkesan lebih unik dari pantai yang lain yaitu karena di tempat tersebut Anda akan menemukan wisata Hiu Paus.

Di perairan dangkal Indonesia wisata sejenis ini sulit untuk ditemukan. Selain itu, wisata pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah, seperti perairan laut dangkal yang jernih serta pasir putih yang halus. Berikut akan diulas lebih lengkap mengenai Pantai Botubarani sehingga nantinya Anda dapat menjadikan tempat ini sebagai wisata utama saat berkunjung ke Gorontalo.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Botubarani

1. Air Laut Bersih dan Dangkal

Pantai ini memiliki air laut yang begitu bersih dangkal dan berwarna biru. Ombak di tempat ini cenderung sangat tenang tidak seperti pantai-pantai yang lain dengan ombaknya yang besar-besar.
2. Garis Pantai yang Indah

Pantai ini memiliki garis pantai yang indah, hal itu dikarenakan banyak terdapat pepohonan rindang yang tumbuh rapi berjajar di sepanjang pesisir pantai.
3. Hamparan Pasir Putih

Pasir putih yang halus semakin menambah elok pemandangan yang ditawarkan oleh Pantai Botubarani. Selain itu pantai ini juga cenderung bersih sehingga Anda akan betah untuk berlama-lama disana.

4. Dermaga yang Instagramable

Tempat ini memiliki dermaga di bagian bibir pantainya. Dermaga ini terlihat begitu indah saat menjelang fajar sore. Selain itu Anda juga bisa melihat perahu nelayan yang berjajar rapi di sepanjang garis pantai dekat dermaga ini.

5. Wisata Hiu Paus

Hal yang paling membuat para wisatawan tertarik untuk datang adalah adanya Hiu Paus. Kawanan Hiu Paus ini memang cukup sering mengunjungi Pantai Botubarani. Hiu Paus yang memiliki nama latin Rhyncodon typus ini merupakan spesies mamalia yang jinak.

Kehadiran Hiu Paus ini telah membuat pantai ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Sengaja para wisatawan datang jauh-jauh ke pantai ini untuk melihat langsung kemegahan spesies Hiu Paus ini.

Dulu sebelum dilakukan penelitian terhadap tingkah laku hewan ini, banyak sekali yang kecewa karena ketika sampai ke Pantai Botubarani nyatanya mereka tidak bertemu dengan Hiu Paus tersebut. Namun kemudian dilakukan riset mengenai pola kemunculan dari mamalia laut ini oleh balai pengelolaan Makassar untuk kawasan pesisir dan laut.

Dari riset yang telah dilakukan oleh mereka didapatkan data yaitu, Hiu Paus tidak akan singgah ke pantai ini pada bulan April, Agustus serta November. Waktu singgah terlama Hiu Paus terjadi pada bulan Februari, Mei serta Juni. Sedangkan untuk bulan-bulan selebihnya, Hiu Paus ini hanya akan singgah dalam jangka waktu yang relatif singkat rata-rata hanya dua hari saja.

Oleh karena itu, jika Anda berniat datang ke pantai ini untuk melihat Hiu Paus, maka sebaiknya Anda datang di bulan Februari, Mei atau Juni. Di bulan-bulan tersebutlah kawanan Hiu Paus ini akan tinggal dalam jangka waktu yang cukup lama, setidaknya lebih dari 10 hari.

Alasan itulah yang mendasari mengapa banyak para wisatawan yang cenderung berkunjung pada bulan Mei dan Juli. Agar Anda dapat melihat Hiu Paus ini, maka sebaiknya Anda datang pada pagi hari, karena pada saat itu Hiu Paus sedang melakukan aktifitas berburu makanan.

Datanglah pada rentang waktu pukul 7 hingga pukul 11 maka Anda akan melihat kawanan Hiu Paus tersebut beraksi.

Sumber : https://www.celebes.co/pantai-botubarani-bone-bolango

Leave a Reply

Your email address will not be published.